Pembuatan Paspor Baru Depok

Berbagi cara pembuatan paspor ah, insya Allah berguna nih, buat yang mau bikin paspor baru, khususnya di Depok. Jadi, udah pada tau kan ya kalo shandy kepilih jadi salah satu pemenang kontes SEAChange. Nah, karena itulah jadi ada keharusan buat bikin paspor. Di tulisan kali ini bakal dijelasin bagaimana teknis pembuatan passport di Depok.

Pembuatan paspor di Depok dilakukan di Kantor Imigrasi Depok. Sekarang, walaupun kita bukan warga di tempat tinggal kita sekarang, kita tetap bisa bikin paspor di tempat kita tinggal. Nah, jadi kalo ada orang Jakarta yang mo bikin paspor di Depok, ya bisa-bisa aja.

Alamat lengkap Kantor Imigrasi Depok

Jl. Boulevard Raya, Grand Depok City, Depok 021-77820580

Catatan: Hari Sabtu & Minggu Libur

Kantor Imigrasi itu letaknya sebelum Kantor Walikota dan sebelum kantor BNI (kalo dari arah Bogor). Jadi, kalo misalnya kita dari arah Bogor, kalo misalnya udah ngeliat bank BNI yang gede itu, mulai deh pelan-pelan jalannya. Nanti, di sebelah kiri bakal ada Plang Kantor Imigrasi Depok.

Nah, tahapan pertama buat datang ke tempatnya udah selesai nih, sekarang lanjut ke prosesnya. Proses pembuatan paspor baru dibagi jadi beberapa tahapan dan beberapa hari, jadi gak sehari selesai, kita harus balik sampai 3x baru paspor kita selesai.

Persyaratan Pembuatan Paspor

Biar gak terlalu lama di hari pertama, ada baiknya kita udah menyiapkan ini,

* KTP * Akte Lahir * Kartu Keluarga * Surat Nikah (bagi yang sudah menikah) * Surat keterangan bekerja (PNS atau Swasta) * Ijazah terakhir (kemarin sih bawa, tapi gak dipake)

Jangan lupa difotokopi masing-masing 1 ya! Kalo fotokopi di Kantor Imigrasi MAHAL, hehe. Nah, kalo saya sendiri, kemarin hanya bawa Akte Lahir, Kartu Keluarga, dan KTP. Sebenarnya bawa Ijazah, tapi gak dipake. Tapi, bawa aja buat jaga-jaga.

Hari Pertama : Seleksi Data Pendukung (estimasi waktu: 30 menit)

Hari pertama pembuatan paspor berkaitan dengan administrasi, formulir, dan data-data pendukung. Loket pertama, kita bakal Beli Map yang udah lengkap dengan Formulir dan Materai 3 Ribu, seharga Rp. 10.000. Trus, kita isi data-data di formulir yang ada. Untuk pemilihan paspor, kita pilih Paspor Baru Perorangan 48 Halaman. Kalo yang 24 halaman itu buat TKI, dan di Depok gak bisa.

Setelah pengisian formulir, kita bakal ke loket pengajuan pembuatan paspor, di sana bakal diperiksa formulir yang udah kita isi dan data-data pendukung yang asli. Nantinya, formulir bakal dikumpulin beserta dengan fotocopy data-data pendukung. Kalo dirasa cukup, nanti kita bakal dikasih tau lagi kapan harus balik buat lanjutin proses’a, normalnya 2 hari kerja. Sebelum pulang kita dikasih semacam kertas informasi gitu, dikasih jadwal kapan kita bakal balik lagi.

Resume Hari Pertama

- Siapin data-data pendukung – Beli Map 10rb -termasuk formulir dan materai 3rb- (disediakan disana) – Isi Formulir – Serahin Formulir – Selesai

Hari Kedua : Pembayaran, Foto Biometrik, dan Wawancara (estimasi waktu : 60 menit)

Hari kedua pembuatan paspor lumayan banyak kegiatannya, Pembayaran, Foto Biometrik, dan Wawancara. Pertama, kita datang untuk menyerahkan selembar kertas yang kita dapat di hari pertama. Setelah itu kita bakal masuk ke bagian dalam gedung, dan nunggu sampai dipanggil. Pemanggilan pertama untuk Pembayaran, di bagian Kasir, Rp. 270.000. Setelah itu kita nunggu lagi sampai dipanggil pemanggilan kedua. Pemanggilan kedua untuk pengambilan foto Biometrik dan juga scanning sidik jari. Setelah itu kita bakal nunggu lagi sampai pemanggilan ketiga. Pemanggilan ketiga adalah wawancara, ya ditanyain mau ngapain bikin paspor, buat apa, dll. Setelah selesai wawancara pembuatan paspor, kita bakal disuruh ke Loket Pengajuan Passport buat nanya kapan kita bisa ngambil paspor’a.

Owh iya,, di hari kedua ini, segala data pendukung kayak KTP, KK, Akte, yang asli dibawa aja buat jaga-jaga siapa tau diperlukan. Buat mahasiswa, kalo saya sih setelah wawancara dimintain fotokopi KTM juga, jadi disiapin aja ya.

Resume Hari Kedua

- Bawa data pendukung asli buat jaga-jaga – Pembayaran, 270ribu – Foto Biometrik dan scan sidik jari – Wawancara

Hari Ketiga: Pengambilan Paspor (estimasi waktu : 10 menit)

Tahap terakhir dari pembuatan paspor adalah pengambilan passport’a. Di Kantor Imigrasi Depok, pengambilan paspor’a itu ada jadwalnya sendiri, antara pukul 14.00-15.00. Jangan lupa bawa KTP atau kartu pengenal dan surat Lunas Pembayaran (hari kedua) ya!

Overall, pembuatan paspor di Kantor Imigrasi Depok ini gak ribet dan bisa dibilang mudah. Buat yang takut atau ragu dengan adanya calo-calo, tenang di Kantor Imigrasi Depok ini insya Allah bersih koq, prosesnya mudah, dan juga gak makan waktu lama. Permasalahan biaya, rinciannya ada semua setiap kita bayar sesuatu.

Resume Pembuatan Paspor

- Bikin paspor (di Kantor Imigrasi Depok) gak ribet – Total biaya pembuatan paspor 48 halaman Rp. 280.000 – Lama pembuatan maksimal 4-5 hari kerja – Rentang waktu antara hari pertama, kedua, dan ketiga berjarak 2 hari

Update tambahan info dari saudara iwan (makasih ya share nya!)

Imigrasi Depok pindah ke Grand Depok City, di Komplek Perkantoran, sebelah kantor DPRD, biayanya beli map, form & materai di koperasi Rp. 12.000,- (hari pertama), 3 hari kemudian Interview & foto biayanya Rp. 255.000,- setelah itu baru jadi pasportnya (3 hari), ya total-2 biaya Rp. 267.000,- waktu yg kepake 3 hari, (3 x datang).

Update tambahan info dari saudari rosa (makasih ya share nya!)

tks ya infonya sagat bermanfaat, o iya saya mo nambahkan no. telp ktr imigrasi depok itu dah di 021-77820580, kan dah pindah ktr….dan kalo hari sabtu ga buka alias libur…semoga membantu…

Semoga bermanfaat ya info pembuatan paspor nya!

79 Comments

  1. mas mo tanya dong .. klo sebelumnya dah punya paspor tapi dah lama gak diperpanjang .. mesti buat baru lg apa cukup perpanjang masih bisa yah ? thx infonya

  2. (evil_grin)(evil_grin)..pak, petugas..mo tanya untuk saat ini buat paspor baru d’depok lama ga yach….kira2 berapa hari….

  3. niatnya emang mauc ari info buat bikin passport di depok .. eh ketemu blognya shandy ..
    weew eniwey thx infonya shaaannd :)
    (worship)(worship)
    kalo gue ada masalah kontak langsung ke hape boleh kann hehehhe .. masi pake nomer lama kan shaand ?
    (evil_grin)(evil_grin)

  4. Bro, makasih yehh,, udah ngeshare pengalamannya,,, iya temen gw juga bikin passport katanya gampang kalo di depok,,, rencana sih mau bikin bulan depan… thank you..(banana_cool)(lol)

  5. Imigrasi Depok pindah ke Grand Depok City, di Komplek Perkantoran, sebelah kantor DPRD, biayanya beli map, form & materai di koperasi Rp. 12.000,- (hari pertama), 3 hari kemudian Interview & foto biayanya Rp. 255.000,- setelah itu baru jadi pasportnya (3 hari), ya total-2 biaya Rp. 267.000,- waktu yg kepake 3 hari, (3 x datang).

  6. (applause) tks ya infonya sagat bermanfaat, o iya saya mo nambahkan no. telp ktr imigrasi depok itu dah di 021-77820580, kan dah pindah ktr….(smile)

  7. thanks utk infonya. hari ini saya urus passport, yang meleset adalah: saya bawa bolpen tinta biru, rupanya mesti pakai tinta hitam utk menulis/mengisi data.

  8. hallo ,saya mau tanya klu sudah punya paspor tki ,bisa bikin lagi paspor baru buat melancong ga yg 48 halaman,tp paspor mash di pakai ,dan masih berlaku

  9. saya rulmakana mohon info nya dong saya mau bikinin anak sy pasport di depok gimana ya skrg cara nya soal nya saya masih kurang pasti walau pun udah baca semua yg udah pernah buat. Saya takut ada permainan calo krna sy tidak tgl di indonesia sy tinggal di singapura maksud sy mau bikinin anak sy pasport sy mau bawa anak sy tinggal di singapura tolong dong kasi tau cara2 nya yg detail

  10. kepada siapa2 yg baca tulisan sy tolong dong balas sy mau cepat2 dpt info ni soal nya sy hari minggu ni sy brngkat ke depok langsung sy ngak punya waktu bnyk sy cuma punya waktu 5hari kira2 bisa siap ngak ya dlm waktu 5hari

  11. Mau nanya dong, klo mau ke kantor imigrasi Depok yang baru naik angkot apa ya dari terminal Depok. URGENT please reply ASAP. Terima kasih banyak.

Leave a Comment.